7 DEADLY SINS – VANITY/PRIDE

Standard

Vanity/Pride (Kesombongan)

Kesombongan adalah dosa yang SANGAT SERIUS. Dosa ini saya letakkan di paling akhir karena dari sumber dosa inilah mengalir aliran dosa-dosa maut yang lain. Dosa utama Adam dan Hawa adalah bukan dosa memakan buah pengetahun yang baik dan yang jahat. Dosa utama mereka adalah karena mereka ingin menyamakan diri mereka seperti Allah. Mereka ingin menentukan sendiri standard apa yang baik dan apa yang jahat menurut pandangan mereka. Mereka menolak standard yang Allah berikan. Penolakan mereka merupakan bukti dosa kesombongan mereka karena hendak menyamakan diri dengan yang Maha Tinggi!

Akan tetapi Allah bukanlah Allah yang selama-lamanya membiarkan orang-orang sombong ini berdiri tegak. Yesaya 2:17 mengatakan bahwa “Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya Tuhan sajalah yang maha tinggi pada hari itu.”

Beberapa hal yang menarik dari dosa kesombongan adalah:

– Dosa kesombongan (biasanya) hadir pada pribadi manusia yang angkuh (tinggi hati)
Keberhasilan atau kesuksesan hidup adalah hal yang selalu membanggakan hati, akan tetapi keberhasilan atau kesuksesan hidup ini bisa menjadi “jerat” yang mematikan jika kita menjadi angkuh (tinggi hati). Keangkuhan sebagai hasil dari keberhasilan atau kesuksesan hidup bisa dilihat dari orang-orang kaya yang lupa bagaimana asal mereka dahulu sebelum mereka menjadi orang yang kaya. Mereka lupa (atau sengaja melupakan) bahwa berkat Tuhanlah yang membuat mereka kaya, mereka mengira jerih payah merekalah yang telah membuat mereka menjadi kaya. Amsal 10:22 mengatakan, “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.” – Tanpa Tuhan memberkati jerih payah kita, maka kekayaan tidak akan datang. Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya!

Jadi, ingatkanlah diri Anda ketika Anda saat ini (atau suatu saat) Tuhan ijinkan menjadi kaya agar tidak menjadi tinggi hati dan melupakan Tuhan, Sang Sumber Berkat itu. Ingatlah akan orang-orang di sekeliling Anda (mungkin itu ayah, ibu, saudara, adik, keponakan, paman, dll.) yang mengalami kesusahan ekonomi, bantulah mereka dengan cara yang sehat dan benar agar mereka dapat mandiri dan kemudian bekerja mengembangkan bantuan yang Anda berikan.

– Dosa kesombongan (bisa) hadir pada pribadi manusia yang minder (rendah diri)
Orang yang minder (rendah diri) bisa jatuh ke dalam dosa kesombongan seperti halnya orang yang angkuh (tinggi hati). Orang yang minder biasanya takut (risih) ketika bertemu atau berhadapan (bergaul) dengan orang-orang yang ada di atasnya; entah itu berada di atas dalam hal ekonomi, jabatan, pendidikan, status social, atau yang lainnya. Keminderan mereka membuat mereka menutup diri karena mereka malu jika mereka terlihat berada di bawah orang-orang yang sukses ini.

Akan tetapi hal yang menyebalkan dari orang-orang minder ini adalah mereka cenderung menutup diri untuk belajar dari orang-orang yang telah sukses. Buat mereka seolah-olah sesuatu yang memalukan jika harus belajar dari orang-orang yang sukses ini. Belajar dari orang-orang yang sukses ini berarti harus merendahkan diri dan mengakui bahwa diriku ada di bawah mereka. Demikianlah mereka jatuh di dalam dosa kesombongan. Jika orang yang angkuh jatuh ke dalam dosa kesombongan karena meninggikan diri atas keberhasilannya, maka orang yang minder jatuh ke dalam dosa kesombongan karena meninggikan diri atas kekurangannya! Pada hakekatnya, baik orang yang angkuh maupun orang minder, mereka adalah sama-sama orang yang “belagu”! Hal yang membedakan di antara mereka hanya area “ke-belagu-an” mereka. Jika yang yang angkuh “belagu” dengan keberhasilannya, maka yang minder “belagu” dengan kebodohan atau kekurangannya.

Advertisements

About Franz Xaverius

Aku hanya ingin berada dalam zona "Nyaman"-ku, dimana Aku bebas menjadi diriku sendiri tanpa harus mengubah pribadiku menjadi seseorang yang diinginkan oleh orang lain... Aku adalah Aku.. I just want to be in the zone "Comfort", where I am free to be myself without having to change myself be desired by someone else ... I was .. I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s